Rabu, 26 Maret 2008

Membuat Track dengan GPS

Track adalah jalur lintasan yang kita telah kita lewati dengan rekaman koordinat titik-titik yang berjejer, apabila titik-titik ini dihubungkan, maka akan membentuk garis lintasan.
Kalau kita ingin membuat suatu track, maka gps kita set agar track-nya dalam posisi on, untuk itu kita memilih layar setup pada gps, kemudian pilih track, dan pilih track on, lalu pindah ke bagian bawah pada layar track tersebut, disini ada tiga pilihan cara merekam track, yaitu secara otomstis pilih auto, atau setiap jarak tertentu, misal setiap jarak 20 meter satu titik koordinat. jarak itu bisa kita isi berapa saja, atau cara ketiga dengan interval waktu, misalnya setiap 3 detik satu kali merekan titik, sama dengan jarak tadi kita bisa saja mengisi selain setiap 3 detik, itu tergantung kondisi kecepatan perjalanan kita.
track yang kita peroleh dari gps dapat kita donlot ke pc kemudian dengan software pengolah peta, kita dapat membuat peta hasil perjalanan kita.
dengan gps kita bisa membuat peta lebih cepat dan tidak memerlukan banyak tenaga kerja dan dengan biaya murah.
Peta yang dibuat dengan gps sebaiknya menggunakan skala 1 : 10.000 keatas. karena apabila gps memiliki kesalahan rata-rata 10 meter, maka pada skala tersebut, kesalahan rata-rata 10 meter tersebut hampir tidak kelihatan, karena 1 mm garis dipeta sama dengan 10 meter di lapangan.
Kalau kita ingin mengukur luas dengan, maka gps kita set kelayar calculate area dan kita berjalan mengelilingi wilayah yang akan kita ukur luasnya, dari titik mulai berangkat sampai ke titik akhir yang tentunya titik akhir ini sama dengan atau berimpit dengan titik awal. selanjutnya kita bisa memilih kursor pada calculate area dan menekan tombol enter, maka luas areal, langsung ditunjukan pada layar gps tersebut.

Tidak ada komentar: